> Club Elektronika: Cara kerja Fogale Sensation

Cara kerja Fogale Sensation

Prinsip 3D layar sentuh
Pada dasarnya teknologi Fogale Sensation memakai prinsip tangan kita yang bersifat kapasitif dan teknologi kapasitor proyeksi(penjelasannya ada dibawah) untuk layar sentuh kapasitif. Antara papan elektrode di layar handphone dengan tangan kita terbentuk kapasitor masukan Cin. Lihat gambar disamping atas. Dan antara Cin dan sensor kapasitif terdapat kapasitor parasit Cpar yang penyebabnya berasal dari sensor kapasitif.  Cpar ini adalah kapasitor yang tidak diinginkan dan menggangu nilai sebenarnya dari Cin. Karena rumus 2 kapasitor yang disambungkan secara paralel adalah Ctotal= Cpar+Cin. Coba masukkan nilai Cpar>>Cin, maka Ctotal~Cpar. Yang berarti jari tangan kita tidak akan terdeteksi oleh sensor kapasitif.

Solusinya adalah dengan memakai pelindung aktif(active guard) disekeliling dari papan elektroda (gambar samping bawah). Dengan ini, Cpar akan tersambung langsung dengan pelindung dan tidak lagi tersambung dengan bumi, mengakibatkan Cpar akan dieliminasi. Dengan ini Cin akan bisa di deteksi meskipun jari berada 10cm dengan layar handphone. Untuk bisa membuat 3D layar sentuh, dibutuhkan layar sentuh dengan sensitivitas yang tinggi. Performa chip sensor kapasitif bisa ditingkatkan dalam hal ini. Ini bisa dicapai dengan menimalkan kebisingan(noise) didalam chip sensor kapasitif. 

Kapasitor proyeksi adalah salah satu teknologi dari layar sentuh kapasitif.  Satu material transparan yang bersifat konduktif, indium thin oxide ITO dilapisi diatas permukaan kaca dari layar sentuh kapasitif ini. Jika jari kita yang bersifat kapasitif ini menyentuh layar sentuh, maka medan elektrostatik dari layar sentuh akan berubah yang akan mengakibatkan perubahan kapasitor. Perubahan kapasitor inilah yang dideteksi oleh sensor kapasitif.

Yang masih ingin lanjut baca:




Tidak ada komentar :

Posting Komentar