> Club Elektronika: Proyek Microelectronics

Proyek Microelectronics

Nah ini proyek yang sedang saya kerjakan di Swiss. Proyek yang membuat sensor untuk mengukur tekanan mata. Sensor ini akan di integrasikan ke kontak lens. Introduksinya dulu ya tentang buat apa nih semuanya.

Jadi ada satu penyakit mata yang namanya glucoma. Orang yang menderita penyakit ini akan suatu saat buta kalau tidak di deteksi lebih awal. Dan 1 dari 3 pemeriksaan ke dokter mata kurang memuaskan hasilnya. Biasanya kalau pergi ke dokter mata, mata kita akan diperiksa dengan alat yang namanya tonometer. Alat ini akan mengukur tekanan bola mata (Intraocular Pressure). Coba lihat gambar di samping bawah. Bola mata kita akan ditekan dengan alatnya. Dan tekanan dari dalam mata kita akan membalas tekanan dari luar yaitu dari alat ini. Jadi data tekanan dari dalam mata ini lah yang diukur.

Kenapa dibilang 1 dari 3 pemeriksaan ke dokter kurang memuaskan hasilnya? Karena diperlukan banyak data untuk memastikan adanya penyakit glucoma ini. Dan ngak mungkin kan kita nongkrong di depan alatnya terus selama berjam-jam, bahkan sampai 24 jam.
Nah, idenya adalah tonometer ini diganti dengan kontak lens. dan kontak lens kan bisa dipakai sampai 24 jam. Pada saat mata kita berkedip, kelopak mata kita lah yang itu akan menekan kontak lens dan kontak lens menekan bola mata kita. Satu ide yang sederhana tapi brilliant.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar